Jumat, 04 September 2009

Sejuta Cerita Tentang Coklat

Kayanya, nggak berlebihan kalau ada yang bilang, tanpa coklat dunia ga akan semanis ini. Hampir semua orang menaruh cokelat dalam daftra makanan favoritnya. Nggak cuma enak, tapi coklat juga juga terbukti punya zat dopamine yang ampuh untuk memperbaiki kondisi mood kita. Masih banyak lagi cerita seru tentang coklat yang sayang untuk kita lewatkan. Dan bisa jadi, bikin kita makin jatuh hati sama "benda" lezat ini.

Makanan Bersejarah
  • sejak tahun 600 SM, bangsa Maya dan Aztec di Amerika Selatan sudah mengenal buah kakao (bahan dasar cokelat). Biji buah kakao ini dimanfaatkan sebagai minuman hangat yang rasanya pahit dan diberi nama xocoatl. Nah, xocoatl inilah yang menjadi asal muasal cokelat.

  • Orang-orang di benua Eropa baru mengenal cokelat ketika Christopher Colombus, penemu benua Amerika, membawanya kesan. Queen`s Lane Coffee House on High Street, Oxford merupakan kedai pertama yang menyediakan hidangan cokelat dan kopi pada tahun 1650.

  • Saking istimewanya , cokelat menjadi sajian penting saat acara sosial, bisnis, dan politik di Eropa. Cokelat juga dianggap sebagai lambang kesejahteraan oleh masyarakat Eropa. Dan, pada tahun 1700, sebuah gelas porselin dibuat khusus untuk minum cokelat.
  • Kota Hershey di Negara Pennsylvania, Amerika Serikat dikenal sebagai tempat termanis di bumi (chocolate world dan the sweetest place on earth). Di kota inilah, untuk pertama kalinya berdiri pabrik coklat modern yang terbesar di dunia yaitu tahun 1894. Pendirinya adalah Milton S. Hershey dan coklatnya masih bisa dinikmati sampai sekarang lho.

Kandungan Ajaibnya
  • Cokelat juga dikenal sebagai sumber energi. Dalam sebuah chocolate chip terandung energi yang bisa dipakain untuk berjalan oleh orang dewasa sejauh 45,72 meter. Makanya, Napoleon Bonaparte, seorang ahli perang, selalu membawa cokelat ketika melakukan kampanye militer dan memakannya untuk menambah energi secara cepat.
  • Dari studi yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Harvard, ditemukan bahwa cokelat ternyata bisa membuat umur seseorang lebih panjang ! Diduga antioksidan fenol yang ada dalam cokelat itu baik untuk kesehatan jantung. Selain itu cokelat juga bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker.
  • Orang-orang di Republica Dominica menggunakan cokelat sebagai obat tradisional. Fungsinya untuk memperbaiki fungsi tubuh, mengurangi anemia, dan meredakan diare. Sedangkan di Meksiko, para curanderos - sebutan untuk tabib tradisional di Meksiko - menjadikan cokelat sebagai resep untuk menyembuhkan bronkhitis.
  • Para leluhur Aztec percaya bahwa cokelat mengandung phenylethylamine (PEA), zat alamiah yang dapat meningkatkan tiptofan ke otak dan menghasilkan dopamine. Dopamine inilah yang memunculkan perasaan senang dan memperbaiki suasana hati.
  • Kandungan lain yang ga kalah ajaib adalah theobromine dan kafein yang memberikan efek terjaga buat yang mengonsumsinya.
  • Nggak heran kalau cokelat punya banyak efek buat yang memakannya. Di dalam cokelat, ada lebih dari 500 komponen rasa! Dua kali lebih banyak daripada yang terkandung dalam stroberi dan vanilla.
Fakta-Fakta Seru
  • Ternyata cokelat bisa jadi makanan yang mematikan buat anjing. Kandungan theobromine dalam cokelat berbahaya untuk otot jantung dan sistem syaraf anjing karena bisa menyebabkan keracunan.
  • Rata-rata, setiap orang bisa mengonsumsi sekitar 5,4 kg cokelat dalam setahun.
  • Cokelat memang banyak fungsinya! Di film Psycho (1960) kar Alfred Hitchcock, sirup cokelat digunakan sebagai "darah" dalam adegan mandi. Syuting untuk adegan ini pun dilakukan selama 7 hari.
  • Pada tahun 1847, cokelat batangan yang bisa dimakan untuk pertama kalinya dikeluarkan oleh merek Fry`s of England.
  • Di Dunedin, New Zealand festival cokelat disana bernama Cadbury Chocolate Carnival yang diadakan setiap musim dingin . Di acara ini, ada perlombaan panjat dinding cokelat dan bergulat di kolam cokelat.

0 komentar:

Posting Komentar