Sabtu, 05 September 2009

Metamorfosa Payudara

Masa-masa remaja yang kita alami memang penuh dengan perubahan, termasuk perubahan fisik. Perubahan bentuk fisik yang oaling wanita rasakan adalah payudara. Perlu diketahu bagi para wanita, bahwa payudara kita nggak langsung berubah secara drastic, tapi melalui beberapa tahapan. Perubahan yang terjadi pun berbeda-beda pada setiap orang, dan terjadi pada usia yang tidak sama persis karena tergantung pada kondisi fisik dan hormone di dalam tubuh kita. Namun, umumnya remaja seperti kita akan melalui empat fase perkembangan payudara.

Fase 1 : Usia 0 – 10 tahun
Di fase pertama ini payudara kita masih tampak rata atau belum tumbuh. Puting (benjolan kecil di tengah payudara) kita baru menonjol sedikit. Sedangkan areola (lingkaran gelap di sekitar puting) payudara kita masih kecil ukurannya. Pada fase ini kita memang belum membutuhkan bra untuk menutupi payudara kita. Tapi, perlu lho memakai singlet atau kaus dalam agar payudara kita terlindung.

Fase 2 : Usia 11 – 13 tahun



Nah inilah fase dimulainya pertumbuhan payudara. Ada beberapa hal yang terjadi selama fase ini, yaitu
Kuncup payudara, yaitu benjolan jaringan di bawah puting payudar kita mulai berkembang.
Benjolan ini terdiri dari jaringan lemak dan kelenjar susu yang nantinya akan membentuk payudara kita.
Payudara kita akan merasa sakit selama fase perubahan ini karena jaringan ini sedang tumbuh. Bahkan bisa jadi payudara kita jadi sensitif banget, sehingga terasa nyeri ketika disentuh. Tapi jangan kahawatir, karena semua itu normal kok.
Meskipun sudah mulai tumbuh, tapi bentuk tonjolan payudara kita masih kecil ukurannya. Jadi kita cukup menggunakan miniset (bra ukuran kecil yang bentuknya mirip singlet) saja untuk menopang payudara.

Fase 3 : usia 14 – 17 tahun
Pada fase ini payudara kita akan terus mengalamu perubahan, seperti
Payudara kita akan terus tumbuh dan membesar, bentuknya pun mulai terlihat seperti bulatan, tidak hanya kuncup saja.
Puting payudara pun semakin membesar dan berubah menjadi lebih gelap warnanya. Begitu juga dengan areola kita, akan semakin melebar diameter lingkarannya. Rasa sakit yang kita alami sudah mulai berkurang saat memasuki fase ketiga ini.
Inilah saatnya kita memakai bra untuk menopang payudara kita. Menurut ahli kecantikan asal Amerika, Danna Schneider, penting untuk mengetahui ukuran bra yang sesuai dengan kita, terutama untuk bagian cup-nya agar nyaman dipakai dan tidak membuat payudara kita kendur.

Fase 4 : usia 18 – 20 tahun
Menurut Dr.Amy B Middleman, MD , Profesor Sekolah Kedokteran Baylor di Houston Amerika Serikat, jika sudah melewati fase terakhir ini biasanya payudara kita akan berhenti berkembang karena sudah mencapai ukuran terakhirnya. Tapi, ada juga yang masih mengalami perkembangan. Semua tergantung kondisi hormonal yang dialami masing-masing individu. Perubahan yang dialami pada fase ini adalah
Payudara kita sudah membentuk satu bulatan yang penuh dan terasa padat.
Puting dan areola payudara kita akan tampak seperti membentuk satu tonjolan di atas payudara kita.
Jika ukurannya semakin membesar, bisa saja kita juga harus mengganti ukuran bra. Bra yang efektif menjaga payudara kita adalah bra yang menggunakan kawat penyangga di bawahnya. Selain itu pilihan bra berbahan lycra yang lembut

0 komentar:

Posting Komentar